Cooler Bag ASI, Kenyamanan Modern untuk Ibu dan Anak

Menjadi seorang Ibu adalah kebahagiaan tersendiri bagi setiap wanita. Menjaga buah hati agar selalu sehat dan gizinya terpenuhi adalah tugas seorang Ibu yang paling penting, karena biasanya ketika anak masih di usia bayi, di masa ini mereka sangat membutuhkan sosok ibu.

Khususnya untuk Anda yang memutuskan memberikan ASI secara eksklusif kepada anak, itu berarti Anda harus selalu siap sedia ketika anak merasa lapar dan membutuhkannya. Namun, bagaimana jika seorang ibu yang bekerja dan mengharuskan dirinya menghabiskan waktu 9 jam atau lebih di luar rumah?

Ya, jawabannya adalah dengan memerah ASI lalu menyimpannya di tempat yang aman untuk menjaga ASI agar tetap fresh ketika ingin diminum. Salah satu caranya adalah dengan menyimpannya di cooler bag ASI.

Cooler bag ASI menjadi salah satu perlengkapan yang perlu dimiliki oleh ibu menyusui, terutama mereka yang bekerja. Cooler bag berfungsi untuk menyimpan ASI yang telah Anda perah selama di kantor agar kualitasnya tetap terjaga.

Di zaman sekarang ini, cooler bag ASI menjadi sahabat bagi ibu menyusui terutama untuk ibu menyusui yang bekerja dan mengharuskan mereka meninggalkan rumah untuk beberapa jam. Tidak hanya itu, cooler bag ASI juga aman dibawa bepergian kemana-mana karena bentuknya yang praktis.

Aturan menyimpan ASI di dalam Cooler Bag ASI

Sebelum menyimpan ASI di tas penyimpanan atau cooler bag ASI, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu lebih dalam mengenai cooler bag ASI dan aturan penyimpanannya sehingga ASI yang hendak Anda simpan dapat tersimpan dengan aman.

Cooler bag ASI mampu menyimpan ASI dan menjaga kualitasnya selama kurang lebih 24 jam sejak pertama ASI diperah. Jadi, pastikan anak mengonsumsi ASI tersebut 24 jam setelah Anda menyimpannya di cooler bag ASI dan usahakan jangan memberikannya lebih dari waktu tersebut.

Untuk menjaga kesegaran ASI agar tidak mudah basi dan rusak, cooler bag ASI biasanya dilengkapi dengan ice gel pack yang dapat menjaga suhu ASI tetap dingin seperti disimpan di dalam lemari es.

Tempat penyimpanan di dalam cooler bag ASI sendiri adalah botol ASI yang dirancang untuk menyesuaikan dengan pompa ASI, dapat dipakai ulang dan praktis, serta aman digunakan untuk menyimpan ASI selama berjam-jam.

Selain botol ASI, Anda juga dapat menyimpan ASI yang sudah diperah ke dalam kantong ASI, yaitu kantong ASI tebal yang dibuat dari bahan BPA Free. Kantong ASI tidak perlu dicuci atau disterilkan karena sifatnya adalah sekali pakai. Kantong ASI bisa dijadikan pilihan yang lebih efisien.

Cara menyimpan ASI ke dalam cooler bag ASI

Cara menyimpan ASI di cooler bag tergantung dengan tipe tas yang Anda miliki. Setidaknya, ada dua tipe cooler bag untuk membawa ASI perah (ASIP), yaitu yang sudah dilengkapi dengan alat pendingin yang menyatu dengan tas dan ada pula yang terpisah.

Jika cooler bag ASI yang Anda miliki menyediakan kantong es terpisah, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meletakkan kantong es atau ice gel pack tersebut ke dalam freezer hingga membeku. 

Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakannya dengan meletakan di bagian tengah tas. Kantong es ini akan membuat botol atau kantong ASI di yang disimpan di dalam cooler bag ASI tetap dingin.

Cara menyimpan ASI di cooler bisa dilakukan ketika cooler bag sudah dingin. Disini Anda bisa langsung mengisi satu botol atau kantong ASI yang Anda gunakan untuk menyimpan ASI sesuai dengan takaran yang dibutuhkan bayi.

Selain itu, saat melakukan cara menyimpan ASI di cooler bag, pertimbangkan untuk menyimpan ASI dalam porsi yang lebih sedikit, misalnya 30 ml. Gunanya, agar Anda mempersiapkan situasi yang tidak terduga, seperti terlambat memberikan ASI pada Si Kecil yang membuat Anda harus membuang ASI tersebut.

Pastikan juga Anda tidak mengisinya sebotol penuh karena ASI akan mengembang saat membeku.

Jangan lupa, cara menyimpan ASI di cooler bag selanjutnya adalah memberi label setiap wadah sesuai dengan tanggal dan waktu Anda memompa ASI. Hal ini penting dilakukan agar Anda tahu apakah ASI yang disimpan masih layak diberikan atau tidak.

Kehadiran cooler bag ASI sangat berguna bagi ibu yang bekerja yang memerlukan waktu tempuh lama dalam perjalanan pulang dari kantor ke rumah. Sebab, kualitas ASI yang disimpan di dalam tas biasa bisa saja akan menurun atau bahkan sudah tidak layak dikonsumsi apabila tidak disimpan di dalam cooler bag ASI.

Maka, untuk memaksimalkan dan memelihara manfaat ASI, periksa cooler bag ASI Anda secara teratur untuk mendeteksi adanya robek atau resleting yang rusak serta tidak tertutup sempurna. 

Untuk menemukan cooler bag ASI yang sesuai dengan kebutuhan Anda, SehatQ menyediakannya di toko SehatQ yang bisa langsung Anda kunjungi melalui website atau aplikasi SehatQ. Dapatkan aplikasi SehatQ di Google/App Store dan nikmati kemudahan berkonsultasi dengan dokter profesional dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *