Selain Biskuit Bayi, Ini Rekomendasi Camilan untuk Si Kecil

Setelah bayi Anda mulai makan makanan padat, sekitar 6 bulan, Anda juga harus selalu menyiapkan camilan sehat, seperti biskuit bayi. Tidak hanya dapat membantu menenangkan si kecil yang lapar saat bepergian, camilan yang sehat juga merupakan bagian penting dari pertumbuhan anak.

Nutrisi seperti protein, serat, dan lemak sehat semuanya bekerja sama untuk memberi anak Anda energi yang dia butuhkan. Untungnya, memberi camilan atau biskuit bayi atau balita sangat mudah ditemukan. Berikut ini beberapa rekomendasi camilan sehat dan aman dikonsumsi bayi setiap hari. 

1. Apel dan pir

Buang kulitnya, lalu kukus atau panggang buah-buahan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian bayi Anda. Selain itu, balita biasanya juga sudah dapat memegang dan mengunyah secara perlahan irisan buah tersebut.

2. Stik keju

Camilan sederhana ini adalah sumber protein baik, yang penting untuk pertumbuhan anak Anda. Protein berfungsi sebagai bahan pembangun tubuh dan membantu jaringan dan otot berkembang dengan baik. 

3. Buah yang kaya serat dan karbohidrat

Pilihlah beberapa buah-buahan yang kaya serat dan karbohidrat. Gabungan dari vitamin tersebut sangat baik untuk mengganjal perut dan memenuhi gizi harian si kecil. Anda dapat memberikan lemak sehat dari alpukat, kalium dari pisang, dan serat dari apel.

4. Hummus

Balita sudah dapat memasangkan hummus dengan pretzel gandum utuh atau sayuran yang diiris tipis, bayi dapat mencoba camilan kaya serat ini dengan tambahan wortel kukus.

5. Selai kacang

Cobalah untuk memberikan mentega almond rendah gula, mentega mete, atau mentega biji bunga matahari untuk menuai manfaat dari lemak sehat. Oleskan tipis-tipis di atas sepotong roti panggang lalu potong roti menjadi tongkat kecil untuk bayi. Lemak adalah nutrisi yang sangat penting selama dua tahun pertama kehidupan. Lima puluh persen kalori bayi Anda harus berasal dari sumber lemak, karena otaknya berkembang sangat cepat dan bergantung pada lemak sebagai bahan bakar dan sumber pertumbuhan.

6. Greek yoghurt

Dikemas dengan karbohidrat sehat, kalsium, protein, dan lemak sehat, yogurt dapat membantu tubuh bayi menyerap vitamin dan nutrisi penting yang merupakan kunci dalam membangun sistem saraf pusat mereka.

7. Telur rebus

Mungkin paling cocok untuk perjalanan ke taman (atau di suatu tempat di luar ruangan), Camilan berupa telur rebus ini menghasilkan protein yang sangat bagus untuk dikonsumsi anak setiap hari.

8. Ayam

Bantu anak Anda memenuhi kebutuhan zat besi hariannya dengan irisan tipis ayam panggang yang digulung dengan keju. Mereka akan menyukai cita rasa yang nikmat, meski tambahan garam. Anda dapat memotong ayam kecil-kecil untuk mereka camil sambil menunggu waktu makan.

9. Biskuit bayi gandum utuh

Ideal untuk anak-anak yang bebas kacang atau susu, biskuit bayi graham adalah alternatif yang disukainya. Makanan ini tinggi serat yang sangat membantu melancarkan sistem pencernaannya dan membuat anak kenyang dalam waktu lama.

Jam pemberian biskuit bayi

07.00 bangun

07.30 sarapan pagi

09.00 tidur 

10.00 waktu camilan/menyusui 170 – 200ml (6-7oz) 

12.30 makan siang

13.00 tidur tidur siang

14:30 waktu camilan/menyusui  170 – 200ml (6-7oz) 

16.00 mandi

17.00 makan malam

19:00 waktu camilan/menyusui  170 – 200ml (6-7oz) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *